jump to navigation

Relativitas ala Einstein May 1, 2009

Posted by Pandhu Prakoso in Kejadian Hari Ini.
Tags: , , ,
trackback

Einstein Said,

einstein

“Put your hand on a hot stove for a minute, and it seems like an hour. Sit with a pretty girl for an hour, and it seems like a minute. THAT’S relativity.”

Itulah bahasa Bojong yang kurang lebih artinya “Letakkan tanganmu di atas kompor panas selama satu menit saja akan tetapi rasanya seperti sejam. Duduklah dengan gadis cantik selama satu jam, rasanya cuma baru satu menit, itulah relativitas”,

Ya..aku yakin kamu juga pernah merasakan hal serupa, ketika kamu berada di samping orang yang kamu sayangi, misalkan Tuhanmu, keluargamu, temanmu, atau seseorang yang sangat spesial buatmu, waktu satu jam serasa hanya satu menit. Hal yang sangat wajar jika seorang gamers betah duduk berjam-jam untuk memainkan game kesayangannya, bahkan untuk makan malam pun dia bisa sampai lupa, begitu pula wajar jika orang rela jauh-jauh pergi ke suatu tempat hanya untuk menemui sesuatu/seseorang yang dia sayangi, jarak yang jauh itu akan terasa dekat.

Hari ini aku sempet merasakan teori relativitas berlaku kepadaku, sampai-sampai lupa makan,


Ah..tapi ndak apa2,itung2 diet lah..untung td sempet beli roti pas jalan2 pagi. Tapi Kawan..ada pelajaran moral yang bisa kita ambil dari teori relativitas yang sudah berumur leboh dari 80 tahun itu, yakni kita perlu menanamkan rasa cinta kepada pekerjaan kita, insya Allah pekerjaan yang berat akan terasa ringan, sebagai mahasiswa misalnya, tentu jika kita cinta, pasti belajar, mengerjakan tugas, penelitian akan terasa ringan., begitu pula untuk pekerjaan lain; pengacara, pedagang, guru, dokter, apapun.

.010509 07-08am.

Comments»

1. Fahmi - May 7, 2009

hmm,,bukanya itu melanggar definisi gravitasi dari Enstain..?
Kata Einstein: “Gravitation is not responsible for people falling in love”

yg ak tahu sih sebenarnya prinsip relativitas umum Einstein itu kan, benda bermassa menciptakan medan gravitasi dan medan ini mempengaruhi dimensi ruang-waktu di sekitarnya. Medan ini akan memendekkan dimensi ruang dan memanjangkan dimensi waktu. Jadi smkin massif benda tersebut, semakin kuat medan gravitasi yang dihasilkan, maka semakin memendek dimensi ruang dan semakin memanjang dimensi waktu. Artinya, benda-benda yang berada disekitar benda massif tersebut akan merasakan ruang menyempit dan waktu berjalan lebih lama..
Kemassifan tadi diimbangi dengan gerakan yang cepat (dianalogikan seperti tangan yg bergerak cepat di kompor). Sesuai dengan teori relativitas khusus, benda yang bergerak akan merasakan waktu melambat daripada benda yang diam. Artinya, kelambatan waktu yang dirasakan oleh benda-benda di sekitarnya akibat medan gravitasi dari dirinya akan dirasakannya juga dengan ikut bergerak..

hm,,kok jadi ngelantur y…?

salam kenal mas…

2. Pandhu Prakoso - July 6, 2009

weh..makasih mas fahmi buat penjelasannya
salam kenal juga,
namanya juga lagi falling in love,
jadi dikait2kan aja,
tapi saya baru tau kalo einstein berkata, “Gravitation is not responsible for people falling in love”,
nanti deh saya cari literatur dulu ya


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: